Terapi Akupunktur untuk Program Hamil? Cek Faktanya Yuk!

 

Memiliki buah hati bagi setiap pasangan suami istri menjadi salah satu hal yang ditunggu tunggu. Banyak upaya yang dilakukan pasutri agar segera memiliki momongan. Dari mulai konsumsi makanan sehat, pola hidup teratur, juga mengolah pola istirahat. Tetapi, tahukah Bunda? ada terapi tradisional dan alami yang dapat meningkatkan kesuburan untuk program kehamilan. Terapi tersebut adalah akupunktur.

Akupunktur adalah terapi tradisional dari negeri Tiongkok yang menggunakan metode penusukan jarum pada permukaan tubuh seseorang untuk melancarkan energi. Akupunktur ini sudah digunakan di Indonesia sejak jaman presiden Seokarno yaitu tahun 1963.

Berdasarkan studi dari Macedonian Journal of Medical Sciences, pria dan wanita usia subur yang rutin menjalani terapi akupuntur selama 35 sampai 40 menit setiap minggu menunjukkan adanya peningkatan kesuburan.

 

Mengapa akupunktur dapat membantu program hamil? Cek Faktanya Yuk!

  1. Akupunktur memperbaiki keseimbangan hormon

Jarum yang ditusukkan pada kulit dalam proses akupuntur dapat merangsang penyaluran energi sepanjang titik-titik tertentu pada tubuh. Bunda mungkin akan mengalami hal-hal seperti:

  • lebih tenang atau lebih berenergi,
  • penurunan atau peningkatan hormon tertentu, serta
  • peningkatan aliran darah ke bagian tubuh tertentu, seperti panggul.

Studi yang dilakukan oleh Shanghai University of Traditional Chinese Medicine menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu mengobati masalah ketidaksuburan yang diakibatkan oleh gangguan keseimbangan hormon

 

2. Akupuntur dapat menurunkan stres

Hormon stres yang tinggi dapat menurunkan hormon kesuburan, seperti hormon  progesteron. Dengan menjalani terapi akupuntur, Bunda dapat mengatasi stres sehingga mendukung program hamil yang Bunda dan Ayah jalani.

3. Akupuntur dapat membantu proses bayi tabung

Program bayi tabung merupakan salah satu cara yang bisa Anda pilih jika belum bisa hamil dengan cara-cara natural. Untuk meningkatkan keberhasilannya, Anda dapat mencoba terapi akupuntur.

Meskipun akupuntur tidak secara langsung berperan dalam keberhasilan proses pembuahan, tetapi cara ini dapat membantu mempersiapkan hormonal Bunda dan Ayah.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, bagi Bunda yang ingin melakukan program bayi tabung, sebaiknya melakukan akupuntur sekitar 3 sampai 4 bulan sebelum proses bayi tabung dijalani.

 

Apakah Ayah juga perlu melakukan akupuntur?

 

Aupuntur juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Oleh karena itu, Ayah pun sebaiknya menjalani terapi akupuntur untuk mendukung program hamil.

Penelitian yang dilakukan oleh University Goce Delchev, Republik Macedonia, menunjukkan bahwa akupuntur yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan jumlah dan pergerakan dari sperma.

 

Namun, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Bunda dan carilah ahli akupuntur yang bersertifikat dan telah berpengalaman.

 

Semoga segera mendapatkan momongan ya, Bunda dan Ayah!

 

 

Sumber : www.hellosehat.com

 

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post