Moksibusi Untuk Letak Sungsang Saat Hamil

Sudah tahu kan bun, ketika janin di dalam rahim ia terus bergerak dan kerap memutarkan badannya? Normalnya, pergerakan itu akan membawa bayi pada posisi kepalanya di bawah panggul bunda ketika waktu melahirkan sudah dekat.

Namun tak jarang ada kalanya posisi yang terjadi justru sebaliknya, yaitu posisi kaki yang di bawah (sungsang) Umumnya pada usia kehamilan 36 minggu kepala bayi sudah berada di bawah. Namun, sebagian kasus lainnya posisi tersebut tidak berubah, sungsang hingga proses persalinan.

 

Bagaimana jika keadaan sungsang ini terjadi?

Ada beberapa hal alami yang dapat dilakukan Bunda :

  1. Lakukan komunikasi dengan janin
  2. Penggunaan cahaya senter yang diarahkan ke perut bawah bunda. Dengan harapan kepala bayi mengikuti arah cahaya tersebut
  3. Menggunakan kompres dingin di bagian atas perut Bunda sehingga bayi akan memutar badan ke arah sebaliknya .
  4. Mengubah posisi tidur ke sisi lain dapat membantu bayi sungsang ke arah posisi yang tepat.
  5. Lakukan Moksibusi (menghangatkan bagian kelingking kaki dengan moksa)

 

Mengenal Moksibusi

Terapi  moksibusi atau moxa merupakan pengobatan tradisonal cina (TCM) . Moksibusi (Moxa) yaitu praktek pembakaran ramuan mugwort (armetisia vulgaris) melalui titik akupuntur yang terletak di bagian luar jari kelingking kaki untuk mendukung perubahan letak bayi sungsang menjadi presentasi kepala.

 

Jika dilihat dari ilmu kedokteran barat, dimana terapi moxa dapat meningkatkan sirkulasi darah di rahim. Terapi ini akan menyebabkan kelenjar adrenal janin dirangsang dengan adanya respon adrenocortical dari ibu melalui aliran darah. Hal ini akan menyebabkan janin menanggapi moksibusi melalui peningkatan jumlah gerakan janin dan secara tidak langsung akan memengaruhi jaringan otot rahim dalam waktu 7 menit setelah dimulainya terapi. Dampak yang dihasilkan bayi akan menjadi lebih aktif dan akhirnya, bisa berubah atau memutar.

 

Dalam penelitan yang dilakukan oleh Fitria,S.ST.MKeb tahun 2019 menyimpulkan bahwa moksibusi pada titik akupunktur BL67 efektif dan aman untuk memperbaiki presentasi sungsang bila digunakan antara 33 dan 35 minggu kehamilan yang dilakukan  setiap hari minimal selama 10 hari.

 

Sumber :

www.haibunda.com

MOKSIBUSI SEBAGAI ALTERNATIF PENANGANAN PERSALINAN SUNGSANG

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post