Sudah Menjelang HPL, Namun Tak Kunjung Datang Kontraksi? Coba Induksi Alami Saja Bun!

Mendekati hari persalinan, tak jarang bunda menjadi was-was dan khawatir. Terlebih bagi bunda yang belum merasakan kontraksi. Kontraksi merupakan tanda awal terjadinya proses persalinan. Normalnya, Bunda merasakan kontraksi di usia kehamilan >37 Minggu dan kurang dari 41 Minggu.

Lalu, usaha apa saja yang bisa Bunda lakukan agar muncul kontraksi persalinan? Ya, Bunda bisa mengusahakannya dengan mencoba “Induksi Alami”

 

Apa itu Induksi Alami?

Induksi alami merupakan upaya merangsang kontraksi Rahim secara alamiah saat kehamilan sudah cukup bulan. (di atas usia kehamilan 37 minggu)

Mengapa harus Induksi Alami?

  1. Pada dasarnya setiap proses persalinan adalah alami
  2. Induksi alami tidak hanya bertujuan untuk merangsang kontraksi namun dapat memberikan efek relaksasi
  3. Induksi alami tidak dipaksakan, menyesuaikan kemampuan tubuh

 

 

Apa Saja Bentuk Induks Alami?

  1. Akupresur

Akupresur adalah penekanan pada bagian tertentu di tubuh dengan menggunakan jari. Sebelum melakukan pijat akupresur, pastikan aktivitas ini dilakukan oleh tenaga pijat yang berpengalaman menangani ibu hamil. Pastikan juga Bunda sudah mendapatkan izin dari dokter/Bidan Perhatikan setiap anjuran yang diberikan oleh dokter/Bidan. Misalnya dengan tidak memijat dengan tekanan yang berlebihan. Pjat titik-titik akupresur di sela-sela antara ibu jari dan telunjuk diketahui dapat menyebabkan kontraksi otot, termasuk di dalam rahim.

 

  1. Akupunktur

Adalah metode tusuk jarum di titik titik tertentu pada tubuh. Konsepnya sama dengan akupresur, hanya saja Akupunktur menggunakan Jarum. Akupunktur tak hanya untuk induksi persalinan saja ya bun.. Akupunktur dapat membuat tubuh menjadi seimbang dan rileks.

 

  1. Stimulasi Putting

stimulasi puting dapat menyebabkan rahim berkontraksi. Stimulasi puting melepaskan oksitosin, hormon yang menyebabkan kontraksi.

CARA MELAKUKAN :

  1. fokus pada area areola.
  2. Lakukan stimulasi dan rangsangan pada satu payudara
  3. batasi maksimal 5 menit.
  4. Untuk melakukannya lagi, tunggu 15 menit kemudian untuk istirahat sejenak.
  5. Jika sulit melakukannya sendiri dan suami tidak bisa membantu, bias dengan menggunakan pompa ASI atau breast pump.

 

  1. Berhubungan Seks dan Orgasme

Seks dapat mendorong pelepasan hormon oksitosin, yakni hormon yang diperlukan untuk memulai persalinan dan kontraksi. Cairan sperma dan air mani juga mengandung hormon yang disebut prostaglandin, yang dapat membantu melenturkan dan mematangkan serviks. Selama dilakukan dengan berhati-hati, melakukan hubungan seks sebagai induksi alami ini aman ya Bun..Hindari melakukan hubungan seks jika ketuban sudah pecah karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

  1. Jalan Santai

gerakan dan olahraga santai apapun diketahui dapat membantu meningkatkan detak jantung. Selain itu, bisa juga membantu membuat bayi lebih mudah bergerak mencari jalan lahir.

Tak cuma menjadi induksi alami, jalan santai membantu menghilangkan stres dan menjaga tubuh tetap kuat jelang persalinan.

 

 

 

 

 

  1. Berbicara Dengan Janin

Studi terbaru menemukan bahwa bayi mulai siklus hormon yang kompleks saat persalinan. berbicara dan pastikan dia merasa diterima.

Ini akan menciptakan beberapa kenangan indah dan memberikan Anda kesempatan untuk membangun ikatan dengan bayi bunda

 

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Pijat PerineumPijat Perineum

  Pijat perineum adalah teknik pemijatan, pengurutan dan penepukan yang dilakukan secara sistematik pada perineum yang membantu untuk meregangkan kulit dan jaringan di sekitar vagina dan perineum secara perlahan dan

READ MOREREAD MORE