Menu

Mengatasi Bengkak Payudara dengan Daun Kol

Pembengkakan payudara merupakan pembendungan air susu karena penyempitan saluran ASI atau oleh kelenjar-kelenjar yang tidak dikosongkan dengan sempurna. Payudara akan terasa sakit, panas, nyeri ketika diraba, tegang, bengkak. Biasanya ini terjadi pada hari ke-3 sampai hari ke-6 setelah persalinan, ketika ASI secara normal dihasilkan. Namun sebenarnya hal ini bisa dicegah dengan melakukan IMD dan memberikan ASI setelah bayi lahir dan sesering mungkin.

Apabila bunda mengalami pembengkakan payudara yang parah dan bayi tidak memungkinkan untuk menghisap payudara, bunda bisa mencoba untuk meringankan bengkak dan nyeri dengan menggunakan daun kubis (daun kol). Menurut penelitian, daun kubis kaya akan fitonutrien. juga berbagai vitamin seperti vitamin A, C & K. Ini semua merupakan antioksidan alami, yang membantu mencegah kanker. Selain itu kubis merupakan sumber yang baik dari asam amino glutamine yang diyakini untuk mengobati semua jenis peradangan salah satunya radang payudara.

PEMAKAIAN DAUN KOL UNTUK PERADANGAN PAYUDARA

dilansir dari theasianparent.id, berikut cara membuat kompres daun kol :

  1. Potong daun kubis hijau segar dan sesuaikan dengan bentuk payudara bunda
  2. Letekan daun kubis di sekitar payudara di sela waktu menyusui, dan biarkan selama sekitar 20 menit. Dua kali sehari sudah cukup.
  3. Hentikan penggunaan segera setelah pembengkakan mulai berkurang dan  bunda akan menjadi lebih nyaman
  4. Jika bunda mengalami benjolan besar di ketiak sekitar 3 atau 4 hari setelah kelahiran bayi, bunda dapat menggunakan lembaran kol di area itu juga.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *