World Breastfeeding Week 2019

ASI adalah karunia dari Allah untuk bayi melalui ibunya. Bayi mendapat rezeki secara langsung dari Allah ketika meminum ASI yang bermanfaat sebagai bahan makanan pokok yang paling mudah dicerna dan mencukupi kebutuhan gizinya.
.
Islam memerintahkan perempuan untuk menyusui anaknya sampai dua tahun. Jika tidak memungkinkan, Islam memperbolehkan untuk menyusukan anaknya kepada perempuan lain. bahkan Islam memberikan anjuran untuk memberi upah kepada perempuan yang telah berkenan menyusui tersebut. Dalam memilih ibu susuan, Islam menganjurkan untuk memilih perempuan yang memiliki karakter yang bagus. Hal ini dikarenakan karakter ibu susuan mempengaruhi karakter anak yang disusuinya.
.
Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam tidak hanya disusui oleh Siti Aminah ibu kandungnya sendiri, akan tetapi beberapa perempuan lain juga telah menyumbangkan ASI kpd Nabi. Nabi menikmati ASI dari Aminah selama tiga hari, kemudian Nabi dipindah-susukan ke Tsuwaibah, budak perempuan pamannya Abu Lahab.
Kemudian nabi dipindah asuhkan kepada Ummu Aiman dan dan Barakah al-Habsyiyah. Kemudian, selang beberapa hari, rentang empat tahun dalam susuan dan asuhan Halimah binti Abu Zaid, seorang perempuan dari dusun Bani Sa’ad (KH. Moenawwar Kholil, 2001: 78).
.
.
Menurut psikologi, terdapat tiga teori yang memengaruhi perkembangan seroang anak. Teori pertama adalah nativisme, yakni suatu pemahaman tentang perkembangan anak dipengaruhi oleh keturunan, baik kecerdasan, karakter dan sifat. Sementara yang kedua adalah teori lingkungan atau environmentalisme, yang mengatakan bahwa pertumbuhan anak dipengaruhi oleh lingkungan dan menegasikan genetika orangtua.
Ketiga konvergensi, yakni penggabungan kedua paham tersebut, yang berkeyakinan bahwa tidak hanya faktor pendahulu saja, akan tetapi lingkungan terkini juga ikut menentukan kepribadian anak. Bukti sejarah tersebut menyiratkan bahwa persusuan nabi dengan berbagai kelas sosial sekaligus situasi sosial pada saat itu, telah membentuk pribadi Nabi yang pluralistik dan empatik sekaligus revolusioner.

Source : alif.id
.
#worldbreastfeedingday2019 #proASI #bidansahabatkuproasi #dukungASI #ASIeksklusif

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Manfaat Jus SeledriManfaat Jus Seledri

Seledri adalah tanaman yang bisa dikonsumsi saat mentah atau dimasak. Seledri umumnya digunakan sebagai hiasan pada makanan. Namun, setelah diketahui banyak manfaat dari seledri maka mulailah seledri dikonsumsi dengan cara

READ MOREREAD MORE