Bunda yang sedang hamil pada umumnya mengalami banyak keluhan, kan?. Di awal kehamilan bunda mengalami “Morning Sickness”(mual-mual), kemudian saat kehamilan membesar Bunda banyak mengalami ketidaknyamanan, seperti susah tidur, pinggang terasa pegal dan sakit, sering buang air kecil dan cukup banyak yang mengalami susah buang air besar atau Sembelit.

Sembelit termasuk salah satu keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil, hal tersebut salah satunya diakibatkan karena perubahan hormon pada ibu hamil yang mempengaruhi fungsi kerja organ pencernaan. Sembelit ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya selama pola makan Bunda cukup baik.  Tetapi, Bunda juga harus waspada, karena jika sembelitnya terlalu lama dan tidak segera ditangani, nantinya akan berakibat buruk bagi bayi dan Bunda.

Beberapa hal yang dapat dilakukan Bunda untuk mencegah terjadinya sembelit adalah sebagai berikut:

  1. Bunda harus banyak mengkonsumsi banyak cairan.

 

Kerja organ tubuh bunda pada saat hamil menjadi lebih berat dibandingkan sebelum hamil. Hal tersebut mengakibatkan banyak cairan yang dibutuhkan ibu hamil. Salah satu manfaat cairan bagi bunda yang sembelit adalah dapat memperlunak tinja, agar dapat dikeluarkan. Karena itulah ibu hamil disarankan untuk minum air putih, minimal delapan gelas. Selain dari minum air putih, cairan juga dapat diperoleh dari buah-buahan dan makanan berkuah.

 

  1. Bunda harus memperbanyak mengkonsumsi makanan yang berserat.

 

Makanan yang berserat sangat berperan penting dalam mengatur tekstur feces, sehingga dapat melancarkan BAB. Serat makanan meningkatkan massa dan ukuran feces dan menjadikannya lunak sehingga mudah dikeluarkan dan mengurangi resiko terjadinya sembelit. Makanan yang banyak mengandung serat terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

 

  1. Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga

 

Seperti yang kita ketahui olahraga itu sangat baik bagi kesehatan, itu pun bisa diterapkan pada ibu hamil. Olahraga yang baik dan cocok bagi ibu hamil adalah olahraga yang ringan seperti jalan kaki, yoga, ataupun berenang. Selain itu, aktivitas pekerjaan bunda di rumah seperti membersihkan rumah juga termasuk kedalam olahraga ringan. Dengan membuat tubuh kita banyak bergerak dapat membantu organ tubuh kita menjadi bekerja secara optimal, seperti jantung yang memompa darah secara lancar, peredaran darah pun akan lancar, membakar kalori, dan menjaga gerakan usus menjadi teratur sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit.

 

ditulis oleh Bidan Widya Septiani, Amd.Keb

Share
Tweet
+1
Share
0 Shares