3 Mitos Seputar Menstruasi

3 Mitos Seputar Menstruasi

 

 

Pernahkah Anda mendengar beberapa mitos seputar haid atau menstruasi yang telah banyak dipercaya wanita??? Lalu apakah mitos itu benar?yukk kita bahas sedikit mengenai mitos seputar menstruasi :

  1. Menstruasi dapat dipengaruhi dengan minuman dingin

Hal ini tidak benar. Siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis.

Minuman dingin tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi.

  1. Menstruasi dapat dipengaruhi dengan minuman bersoda

Hal ini tidak benar. Penelitian hingga saat ini memang menunjukkan bahwa minuman bersoda memang memiliki nilai nutrisi yang rendah, namun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa minuman bersoda dapat memperlancar maupun menghambat menstruasi.

Namun, konsumsi minuman bersoda yang rutin dalam jangka panjang harus diwaspadai karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh dan mempengaruhi keseimbangan hormon dan dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

  1. Haid, tidak boleh Olahraga

Mitos ini tidak benar. Datang bulan bukanlah penghambat seseorang untuk berolahraga. Jika memang rasa nyeri tidak terlalu parah sampai membuat Anda pusing atau mau pingsan, olahraga tetap bisa dilakukan.

Namun ada hal yang harus diperhatikan. “Saat haid banyak darah keluar, itu kan cairan, jadi kita harus banyak minum cairan juga sebagai pengganti dan konsumsi zat besi,”  OK…

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Pijat BayiPijat Bayi

Pengertian Pijat Bayi Pijat bayi merupakan suatu bentuk terapi sentuhan (touch therapy) yang sangat bermanfaat baik bagi bayi maupun orang tuanya. Sejumlah penelitian membuktikan, pijat bayi yang rutin dilakukan, akan membantu proses

READ MOREREAD MORE